Senin, 01 Juli 2013
MEJA TRIGONOMETRI - SMA
Disusun
Oleh :
Novia Nurvita Y (10411180)
Rita Wafuani P (10411207)
Nurina Hartanti
H (10411208)
Romadhona Ratu G (10411215)
Anwas Mashuri (10411216)
LATAR BELAKANG
Trigonometri
merupakan salah satu materi Matematika
pada anak Sekolah Menengah Atas. Untuk memperkenalkan Trigonometri tersebut diperlukan pemahaman yang tinggi. Agar mudah
dipahami oleh peserta didik, seorang pendidik harus bisa berpikir kreatif dan
inovatif untuk memperkenalkan cara menentukan besar sudut bagi peserta didik. Maka dari itu, kami akan memperkenalkan media
pembelajaran atau lebih dikenalnya sebagai alat peraga untuk lebih memudahkan
pemahaman peserta didik terhadap menentukan besar sudut.
Bagi peserta didik untuk menentukan besar dari suatu
sudut dan panjang sisi suatu bidang adalah hal yang sulit maka kami menyajikan pemahaman tersebut
bukan dengan membayangkan atau hanya
melukiskan gambar dan besar sudutnya saja, Tetapi menyediakan sebuah alat peraga bagi peserta didik dimana
dengan bantuan tersebut diharapkan siswa dapat memahami konsep dalam menentukan
sisi dan besar sudutnya sendiri.
Tujuan pembuatan media pembelajaran trigonometri yaitu :
Ø Untuk memperkenalkan cara menentukan panjang sisi-sisi suatu
sudut
Ø Untuk mempermudah menanamkan konsep trigonometri
Ø Untuk mempermudah dalam mengaplikasikan konsep trigonometri
dalam kehidupan sehari-hari
Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran atau langkah-langkah
pembelajaran yang akan diterapkan sebagai berikut :
1.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok (4-5
orang)
2.
Masing-masing kelompok memiliki alat peraga sebagai alat pembelajaran.
3.
Guru memberi materi mengenai trigonometri :
4.
Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk mencari nilai
dengan
=sudut-sudut istimewa dengan menggunakan alat
peraga yang telah disediakan, dengan cara:
a.
Benang ditarik sesuai besar sudut yang
diinginkan.
b.
Hitung panjang sisi alas meja (x), sisi
tegak (y), sisi miring (r).
Sisi tegak dapat di
geser ke atas-bawah dan kesamping kanan-kiri, sehingga ukuran sisi alas dan
tegak dapat dibuat sesuai keinginan, namun yang dijadikan patokan adalah besar
sudutnya.
c.
Masukkan ke dalam rumus.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajarannya
menggunakan trik permainan berupa miniatur lingkungan yang ada disekitar ,untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap konsep trigonometri. Peserta didik menjalankan dan memainkan sendiri
permainan tersebut. Guru hanya memandu dan mengarahkan jalannya permainan.
Proses pembelajaran dilaksanakan dengan santai tetapi tetap fokus terhadap
materi yang dipelajari. Jadi, siswa diharapkan aktif, kreatif dan inovatif
dalam menjalankan permainan dan memahami materi dalam bentuk permainan. Sehingga
mereka mampu menentukan besar sudut dan panjang sisinya
1.
Petunjuk Kerja Media
v Petunjuk
Bagi Guru :
a.
Tujuan permainan ini adalah untuk mengetahui sisi tegak,sisi alas dan sisi miring
b.
Benang
ditarik sesuai dengan besar sudut yang diinginkan.
c.
Hitung
panjang sisi alas meja (x), sisi tegak (y) dan sisi miring (r),sisi tegak dapat
digeser ke samping kanan-kiri,sehingga ukuran sisi alas dan sisi tegak dapat
dibuat sesuaidengan keinginan,namun yang dijadikan patokan adalah besar
sudutnya
d.
Setelah salah
satu sisi diperoleh maka masukkkan kedalam rumus
v
Langkah-langkah
permainan :
a.
Letakkan
busur pada tempat yang sudah ditentukan,
b.
Geser sisi
tegak sesuai panjang sisi yang sudah diketahui,
c.
Tempatkan benang dibusur yang berpangkal 0,
d.
Tarik benang
dan letakkan tepat pada sisi tegak,
e.
Lihat pada
sisi tegak tersebut berapa panjang dari sisi tegak tersebut(hitung dari pangkal
sisi tegak sampai batas dari benang tersebut),
f.
Dengan menggunakan
rumus pythagoras,dapat menentukan panjang sisi miringnya,
g.
Masukkan
rumus untuk mengetahui besar sudut tersebut,
h.
Begitu juga
sebaliknya, jika yang diketahui panjang sisi-sisinya, maka dapat juga
menentukan besar sudutnya (dengan cara yang sama seperti cara diatas).
i.
Panjang sisi
x (mendatar) dan y (tegak) dapat digerak-gerakkan sesuai ukuran yang diinginkan
v Gambar :
Tampak dari Atas |
Ukuran X diperpanjang |
Tampak dari samping |
Ukuran X diperpendek |
Ukuran X diperpanjang |
Ukuran X diperpendek |
Soal-soal yang berkaitan dengan Media Pembelajaran :
Soal:
1.
Isilah
tabel di bawah ini beserta cara mengerjakannya jika yang diketahui adalah
panjang sisi alas yaitu 15 (x=15)
Gunakan Langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Letakkan
busur pada tempat yang sudah ditentukan,
b. Pasang obyek yang akan diukur dan geser
sisi alas sesuai yang dikehendaki,
c. Tempatkan benang dibusur yang berpangkal 0,
d. Tarik benang dan letakkan hingga busur
menepati sudut yang dikehendaki.
e. Hitung sisi tegaknya,
f. Olah ukuran-ukuran yang telah diketahui
dan masukkan ke dalam tabel.
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB III
PENUTUP
Proses pembelajaran lebih
nyaman bagi peserta didik jika dalam proses pembelajaran tersebut menggunakan media-media
atau alat peraga untuk memudahkan peserta didik dalam memahami konsep matematika
yang telah diajarkan guru. Sebab, anak sekolah menengah atas sering merasa cepat jenuh jika materi yang dipelajari
dirasa sulit baginya. Oleh karena itu, untuk menghilangkan kejenuhan siswa pada
pemahaman materi dapt dialihkan terhadap media pembelajaran yang menggunakan peraga.
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →
Related Posts:
SMA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: