Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Senin, 01 Juli 2013

Widgets

MEJA TRIGONOMETRI - SMA


Disusun Oleh :
Novia Nurvita Y                (10411180)
Rita Wafuani P                   (10411207)
Nurina Hartanti H               (10411208)
Romadhona Ratu G            (10411215)
Anwas Mashuri                  (10411216)


LATAR BELAKANG 
Trigonometri merupakan salah satu materi Matematika pada anak Sekolah Menengah Atas. Untuk memperkenalkan Trigonometri tersebut diperlukan pemahaman yang tinggi. Agar mudah dipahami oleh peserta didik, seorang pendidik harus bisa berpikir kreatif dan inovatif untuk memperkenalkan cara menentukan besar sudut bagi peserta didik. Maka dari itu, kami akan memperkenalkan media pembelajaran atau lebih dikenalnya sebagai alat peraga untuk lebih memudahkan pemahaman peserta didik terhadap menentukan besar sudut.
Bagi peserta didik untuk menentukan besar dari suatu sudut dan panjang sisi suatu bidang adalah hal yang sulit maka kami menyajikan pemahaman tersebut bukan dengan membayangkan atau hanya melukiskan gambar dan besar sudutnya saja, Tetapi menyediakan sebuah alat peraga bagi peserta didik dimana dengan bantuan tersebut diharapkan siswa dapat memahami konsep dalam menentukan sisi dan besar sudutnya sendiri.

Tujuan pembuatan media pembelajaran trigonometri yaitu :
Ø Untuk memperkenalkan cara menentukan panjang sisi-sisi suatu sudut
Ø Untuk mempermudah menanamkan konsep trigonometri
Ø Untuk mempermudah  dalam mengaplikasikan konsep trigonometri dalam kehidupan sehari-hari 
           Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran atau langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan sebagai berikut :
1.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok (4-5 orang)
2.      Masing-masing kelompok memiliki alat peraga sebagai alat pembelajaran.
3.      Guru memberi materi mengenai trigonometri :
4.      Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk mencari nilai  dengan  =sudut-sudut istimewa dengan menggunakan alat peraga yang telah disediakan, dengan cara:
a.       Benang ditarik sesuai besar sudut yang diinginkan.
b.      Hitung panjang sisi alas meja (x), sisi tegak (y), sisi miring (r).
Sisi tegak dapat di geser ke atas-bawah dan kesamping kanan-kiri, sehingga ukuran sisi alas dan tegak dapat dibuat sesuai keinginan, namun yang dijadikan patokan adalah besar sudutnya.
c.       Masukkan ke dalam rumus.
                Metode Pembelajaran
Metode pembelajarannya menggunakan trik permainan berupa miniatur lingkungan yang ada disekitar ,untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap konsep trigonometri. Peserta didik menjalankan dan memainkan sendiri permainan tersebut. Guru hanya memandu dan mengarahkan jalannya permainan. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan santai tetapi tetap fokus terhadap materi yang dipelajari. Jadi, siswa diharapkan aktif, kreatif dan inovatif dalam menjalankan permainan dan memahami materi dalam bentuk permainan. Sehingga mereka mampu menentukan besar sudut dan panjang sisinya
1.         Petunjuk Kerja Media
v  Petunjuk Bagi Guru :
a.    Tujuan permainan ini adalah untuk mengetahui sisi tegak,sisi alas dan sisi miring
b.    Benang ditarik sesuai dengan besar sudut yang diinginkan.
c.    Hitung panjang sisi alas meja (x), sisi tegak (y) dan sisi miring (r),sisi tegak dapat digeser ke samping kanan-kiri,sehingga ukuran sisi alas dan sisi tegak dapat dibuat sesuaidengan keinginan,namun yang dijadikan patokan adalah besar sudutnya
d.    Setelah salah satu sisi diperoleh maka masukkkan kedalam rumus

v  Langkah-langkah permainan :
a.    Letakkan busur pada tempat yang sudah ditentukan,
b.    Geser sisi tegak sesuai panjang sisi yang sudah diketahui,
c.    Tempatkan  benang dibusur yang berpangkal 0,
d.    Tarik benang dan letakkan tepat pada sisi tegak,
e.    Lihat pada sisi tegak tersebut berapa panjang dari sisi tegak tersebut(hitung dari pangkal sisi tegak sampai batas dari benang tersebut),
f.      Dengan menggunakan rumus pythagoras,dapat menentukan panjang sisi miringnya,
g.    Masukkan rumus untuk mengetahui besar sudut tersebut,
h.    Begitu juga sebaliknya, jika yang diketahui panjang sisi-sisinya, maka dapat juga menentukan besar sudutnya (dengan cara yang sama seperti cara diatas).
i.      Panjang sisi x (mendatar) dan y (tegak) dapat digerak-gerakkan sesuai ukuran yang diinginkan

v  Gambar :
Tampak dari Atas

Ukuran X diperpanjang
Tampak dari samping
Ukuran X diperpendek
Ukuran X diperpanjang
 Ukuran X diperpendek
 Soal-soal yang berkaitan dengan Media Pembelajaran :
Soal:
1.         Isilah tabel di bawah ini beserta cara mengerjakannya jika yang diketahui adalah panjang sisi alas yaitu 15 (x=15)
Gunakan Langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Letakkan busur pada tempat yang sudah ditentukan,
b.    Pasang obyek yang akan diukur dan geser sisi alas sesuai yang dikehendaki,
c.    Tempatkan  benang dibusur yang berpangkal 0,
d.    Tarik benang dan letakkan hingga busur menepati sudut yang dikehendaki.
e.    Hitung sisi tegaknya,
f.      Olah ukuran-ukuran yang telah diketahui dan masukkan ke dalam tabel.


               Besar Sudut

Nilai
     


































BAB III
PENUTUP
 Kesimpulan
Proses pembelajaran lebih nyaman bagi peserta didik jika dalam proses pembelajaran tersebut menggunakan media-media atau alat peraga untuk memudahkan peserta didik dalam memahami konsep matematika yang telah diajarkan guru. Sebab, anak sekolah menengah atas sering merasa cepat jenuh jika materi yang dipelajari dirasa sulit baginya. Oleh karena itu, untuk menghilangkan kejenuhan siswa pada pemahaman materi dapt dialihkan terhadap media pembelajaran yang menggunakan peraga.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

0 komentar: