Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Sabtu, 06 Juli 2013

Widgets

Kubus Pangkat Tiga Jumlah




MEDIA PEMBELAJARAN
KUBUS PANGKAT TIGA JUMLAH
MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS



Disusun Oleh: Kelompok 7
kelas 6E

1.    Sri Suyanti                                                (10411.190)
2.    Ikromah                                        (10411.195)
3.    Tri Retno Juwita                          (10411.197)
4.    Oki Ribut Y.P                               (10411.200)


Dosen Pengampu: Sardulo Gembong, M.Pd.

PROGRAM STUDI  PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI MADIUN
JUNI  2013




KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Media Pembelajaran atau Alat Peraga Matematika Untuk Sekolah Menengah Atas untuk memenuhi tugas mata kuliah workshop matematika.
            Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat bimbingan dan putunjuk serta saran yang membangun. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Drs. Sardulo Gembong, M. Pd. yang telah membimbing dan memberi motivasi dalam menyelesaikan media pembelajaran kami.
2.      Kepada teman-teman yang telah membantu menyelesaikan media pembelajaran kami.
3.      Kepada semua pihak yang telah membantu terselesainya media pembelajaran kami.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan makalah dan terselesainya media pembelajaran kami inimasih jauh dari sempurna.
 Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Dan pada akhirnya penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca umumnya.




Madiun, 28  Juni 2013


Penulis


DAFTAR ISI

Halaman Sampul..................................................................................................................   i
Kata Pengantar....................................................................................................................   ii
Daftar Isi.............................................................................................................................   iii
BAB I      Pendahuluan.......................................................................................................   1
A. Latar Belakang...................................................................................................   1
B. Tujuan.................................................................................................................   1
BAB II     Isi ......................................................................................................................   2
A.Skenario Pembelajaran ........................................................................................   2
B.Metode Pembelajaran .........................................................................................   2
C.Petunjuk Kerja Media..........................................................................................   2
D.Lampiran..............................................................................................................   4
BAB III Penutup ................................................................................................................   6
Kesimpulan ...........................................................................................................   6



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Media merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan siswa, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Sedangkan media pembelajaran adalah bahan, alat ,atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna.
Di dalam belajar dan pembelajaran matematika,sangat diperlukan adanya media yang menunjang dalam kegiatan mentransfer ilmu kepada siswa, mengingat matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit,sehingga siswa kurang berminat dalam mempelajari matematika.
Salah satu media yang dapat digunakan sebagai alternatif media didalam kegiatan pembelajaran matematika terutama pada sub bahasan jumlah pangkat tiga dari dua bilangan yang merupakan pembuktian akan kebenaran koefisien dari jumlah dua bilangan berpangkat tiga melalui prinsip segitiga pascal adalah dengan menggunakan media kubus pangkat tiga jumlah.
            Dengan media ini siswa diharapkan mampu membuktikan kebenaran rumus (a+b)3 = a3 + 3a2b + 3ab2 + b3 melalui prinsip volume kubus, pada media ini siswa dituntut kreatif dalam merangkai 8 bangun yang telah disediakan sehingga ditemukan pola dari jumlah pangkat tiga dari dua bilangan. Dan melalui media tersebut siswa dapat menentukan volume kubus yang tidak diketahui dengan  penerapan prinsip koefisien pada segitiga pascal.  

B.     TUJUAN
Tujuan pembuatan media pembelajaran  kubus pangkat tiga jumlah yaitu :
Ø  Sebagai media pembuktian segitiga pascal untuk pangkat tiga jumlah dua bilangan melalui prinsip volume kubus.
Ø  Untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep prinsip volume kubus.

BAB II
ISI

A.    Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran atau langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan sebagai berikut :
Ø  Guru menyampaikan materi secara singkat yaitu materi tentang segitiga pascal dan volume kubus.
Ø  Guru menjelaskan materi dibantu dengan menggunakan media pembelajaran kubus pangkat tiga jumlah.
Ø  Guru memberi contoh penggunaan media untuk mengerjakan soal.
Ø  Siswa memperhatikan petunjuk guru dan selanjutnya menirukan.
Ø  Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari pembelajaran.
Ø  Guru memberikan evaluasi kepada siswa tentang apa yang telah dipelajari sebelumnya.

B.     Metode Pembelajaran
Metode pembelajarannya menggunakan media pembelajaran kubus pangkat tiga jumlah. Peserta didik mencoba sendiri media tersebut setelah guru memberikan contoh penggunaanya. Guru memandu dan mengarahkan peserta didik dalam menggunakan media. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan santai tetapi tetap fokus terhadap materi yang dipelajari. Jadi, siswa diharapkan aktif, kreatif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga mereka mampu membuktikan segitiga pascal untuk kubus pangkat tiga jumlah.

C.    Petunjuk Kerja Media
Petunjuk Guru  :            
1.    Rangkailah kedelapan bangun ruang seperti pada gambar berikut:
c)  Bangun ruang ( a2b) )
b)  Bangun ruang ( a2b) )
a) Bangun ruang ( b3 )
     

f)  Bangun ruang ( ab2)
e)  Bangun ruang ( a2b)
d)  Bangun ruang ( ab2 )
     

h)  Bangun ruang ( b3 )
g)  Bangun ruang ( ab2 )
  

2.    Dengan bangun ruang kubus bernama b3 dan a3 , bangun ruang balok bernama ab2 berjumlah 3 bangun dan balok bernama a2b berjumlah 3 bangun.
3.    Carilah volume kubus tersebut
4.    Sehingga diperoleh Vkubus = (a+b)3
5.    Hitung volume bangun penyusun kubus tersebut dan didapat a3+3a2b+3ab2+b3
6.    Kesimpulan (a+b)3= a3+3a2b+3ab2+b3

Contoh soal :
Sebuah bak mandi berbentuk kubus berukuran 3m x 3m x 3m.Karena suatu hal bak mandi tersebut diperlebar 2m pada bagian belakang ,kanan dan atas. Tentukan volume bak mandi sekarang!











 













Petunjuk Siswa  :
·         Siswa memperhatikan petunjuk dari guru yang telah diarahkan.
·         Siswa memperhatikan petunjuk dari guru yang telah diarahkan.
·         Siswa meniru dengan membuat tabel di atas kertas sesuai gambar.
·         Siswa dapat mengikuti intruksi dari guru dengan baik.

D.  Lampiran
v  Soal-soal yang berkaitan dengan Media Pembelajaran :
Pertanyaan :
1.      Seorang pembuat kue membuat wadah berbentuk kubus dengan ukuran 5cmx5cmx 5 cm. Setelah wadah itu jadi, ternyata kue tersebut tidak muat dimasukkan ke dalam wadah tersebut. Akhirnya pembuat kue tersebut mempunyai ide untuk menambah panjang kubus tersebut di kanan, belakang, dan atas sepanjang 3 cm. Berapakah volume wadah tersebut sekarang sehingga kue yang dibuat bisa dimasukkan ke dalam wadah.
2.      Sebuah bak mandi berbentuk kubus berukuran 3m x 3m x 3m.Karena suatu hal bak mandi tersebut diperlebar 2m pada bagian belakang ,kanan dan atas. Tentukan volume bak mandi sekarang!



( a+b)
Volume kubus adalah s x s x s
Pada gambar tersebut volume kubus dapat dituliskan sebagai V=( a + b)( a + b)( a+ b)
a
a


b
b
a
a
( a+b)
b
( a+b)
 












3.      Tentukan nilainya :
a)    ( x + y)3 jika diketahui x = 6 dan y = 2 dengan menggunakan prinsip identitas ( a + b)3 pada segitiga pascal
b)   ( p + q)3 + ( p + q)3
c)    ( c + d)2
d)   ( r + s)4













BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Kegiatan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan adalah  hal yang sangat penting yang dapat dijadikan sebagai penarik minat siswa dalam mengikuti dan memahami materi yang diajarkan, terutama pada pelajaran matematika yang pada jenjang Sekolah Menengah Atas ( SMA ) didesain lebih sulit dibandingkan jenjang di bawahnya. Materi pada pelajaran matematikanya lebih banyak materi abstrak daripada materi konkrit, yang seringkali susah untuk difikirkan serta dibayangkan secara visual dalam kehidupan nyata.  
Salah satu alternatif yang bisa dilakukan oleh guru untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan adalah menggunakan media pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan otak serta dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan.







SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

0 komentar: