Sabtu, 06 Juli 2013
Kubus Pangkat Tiga Jumlah
MEDIA PEMBELAJARAN
KUBUS
PANGKAT TIGA JUMLAH
MATA
PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Disusun Oleh:
Kelompok 7
kelas 6E
1. Sri Suyanti (10411.190)
2. Ikromah (10411.195)
3. Tri Retno Juwita (10411.197)
4. Oki Ribut Y.P (10411.200)
Dosen Pengampu: Sardulo
Gembong, M.Pd.
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP PGRI MADIUN
JUNI 2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan
Media Pembelajaran atau Alat Peraga Matematika Untuk Sekolah Menengah Atas untuk
memenuhi tugas mata kuliah workshop matematika.
Dalam penyusunan
makalah ini,
penulis banyak mendapat bimbingan dan putunjuk serta saran yang membangun.
Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Bapak Drs. Sardulo Gembong, M. Pd. yang telah membimbing dan memberi motivasi dalam
menyelesaikan media pembelajaran kami.
2.
Kepada teman-teman yang telah
membantu menyelesaikan media pembelajaran kami.
3.
Kepada semua pihak yang telah
membantu terselesainya media pembelajaran kami.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan
makalah dan terselesainya media pembelajaran kami inimasih jauh dari sempurna.
Oleh karena itu,
penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi
kesempurnaan makalah ini.
Dan pada akhirnya penulis berharap agar makalah ini
bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca umumnya.
Madiun, 28 Juni 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Sampul.................................................................................................................. i
Kata Pengantar.................................................................................................................... ii
Daftar Isi............................................................................................................................. iii
BAB I Pendahuluan....................................................................................................... 1
A. Latar Belakang................................................................................................... 1
B. Tujuan................................................................................................................. 1
BAB II Isi ...................................................................................................................... 2
A.Skenario Pembelajaran ........................................................................................ 2
B.Metode Pembelajaran ......................................................................................... 2
C.Petunjuk Kerja Media.......................................................................................... 2
D.Lampiran.............................................................................................................. 4
BAB III Penutup ................................................................................................................ 6
Kesimpulan ........................................................................................................... 6
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Media
merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan kemampuan atau keterampilan siswa, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Sedangkan media pembelajaran
adalah bahan, alat ,atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan
siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdayaguna.
Di dalam belajar dan pembelajaran matematika,sangat diperlukan adanya media
yang menunjang dalam kegiatan mentransfer ilmu kepada siswa, mengingat
matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit,sehingga siswa kurang
berminat dalam mempelajari matematika.
Salah satu media yang dapat digunakan sebagai alternatif media didalam
kegiatan pembelajaran matematika terutama pada sub bahasan jumlah pangkat tiga
dari dua bilangan yang merupakan pembuktian akan kebenaran koefisien dari
jumlah dua bilangan berpangkat tiga melalui prinsip segitiga pascal adalah
dengan menggunakan media kubus pangkat tiga jumlah.
Dengan
media ini siswa diharapkan mampu membuktikan kebenaran rumus (a+b)3 = a3 + 3a2b + 3ab2 + b3 melalui prinsip volume kubus, pada media ini siswa dituntut kreatif dalam
merangkai 8 bangun yang telah disediakan sehingga ditemukan pola dari jumlah
pangkat tiga dari dua bilangan. Dan melalui media tersebut siswa dapat
menentukan volume kubus yang tidak diketahui dengan penerapan prinsip koefisien pada segitiga
pascal.
B.
TUJUAN
Tujuan pembuatan media
pembelajaran kubus pangkat tiga jumlah yaitu :
Ø Sebagai media pembuktian segitiga pascal untuk pangkat tiga jumlah
dua bilangan melalui prinsip volume kubus.
Ø Untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep
prinsip volume kubus.
BAB
II
ISI
A.
Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran atau langkah-langkah
pembelajaran yang akan diterapkan sebagai berikut :
Ø Guru menyampaikan materi secara singkat
yaitu materi tentang segitiga pascal dan volume kubus.
Ø Guru menjelaskan materi dibantu dengan menggunakan media
pembelajaran kubus pangkat tiga jumlah.
Ø Guru memberi contoh penggunaan
media untuk mengerjakan soal.
Ø Siswa memperhatikan petunjuk guru
dan selanjutnya menirukan.
Ø Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari pembelajaran.
Ø Guru memberikan evaluasi kepada siswa
tentang apa yang telah dipelajari sebelumnya.
B.
Metode Pembelajaran
Metode
pembelajarannya menggunakan media pembelajaran kubus pangkat tiga jumlah. Peserta didik mencoba sendiri media tersebut setelah guru memberikan contoh penggunaanya. Guru
memandu dan mengarahkan peserta didik dalam menggunakan media. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan santai
tetapi tetap fokus terhadap materi yang dipelajari. Jadi, siswa diharapkan
aktif, kreatif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga mereka mampu membuktikan segitiga pascal untuk kubus pangkat tiga
jumlah.
C.
Petunjuk Kerja Media
Petunjuk Guru :
1.
Rangkailah kedelapan bangun
ruang seperti pada gambar berikut:
c) Bangun ruang ( a2b) )
|
b) Bangun ruang ( a2b) )
|
a) Bangun ruang ( b3
)
|
f) Bangun ruang ( ab2)
|
e) Bangun ruang ( a2b)
|
d) Bangun ruang ( ab2 )
|
h) Bangun ruang ( b3 )
|
g) Bangun ruang ( ab2 )
|
2.
Dengan bangun
ruang kubus bernama b3 dan a3 , bangun ruang balok
bernama ab2 berjumlah 3 bangun dan balok bernama a2b
berjumlah 3 bangun.
3.
Carilah volume kubus tersebut
4.
Sehingga diperoleh Vkubus = (a+b)3
5.
Hitung volume bangun penyusun
kubus tersebut dan didapat a3+3a2b+3ab2+b3
6.
Kesimpulan (a+b)3=
a3+3a2b+3ab2+b3
Contoh soal :
Sebuah bak mandi berbentuk kubus berukuran
3m x 3m x 3m.Karena suatu hal bak mandi tersebut diperlebar 2m pada bagian
belakang ,kanan dan atas. Tentukan volume bak mandi sekarang!
|
|
|
|
Petunjuk Siswa :
·
Siswa memperhatikan petunjuk dari guru yang telah diarahkan.
·
Siswa memperhatikan
petunjuk dari guru yang telah diarahkan.
·
Siswa meniru dengan membuat tabel di atas kertas sesuai gambar.
·
Siswa dapat mengikuti intruksi dari guru dengan baik.
D. Lampiran
v Soal-soal
yang berkaitan dengan Media Pembelajaran :
Pertanyaan :
1.
Seorang pembuat kue membuat wadah
berbentuk kubus dengan ukuran 5cmx5cmx 5 cm. Setelah wadah itu jadi, ternyata
kue tersebut tidak muat dimasukkan ke dalam wadah tersebut. Akhirnya pembuat
kue tersebut mempunyai ide untuk menambah panjang kubus tersebut di kanan,
belakang, dan atas sepanjang 3 cm. Berapakah volume wadah tersebut sekarang
sehingga kue yang dibuat bisa dimasukkan ke dalam wadah.
2.
Sebuah bak mandi berbentuk
kubus berukuran 3m x 3m x 3m.Karena suatu hal bak mandi tersebut diperlebar 2m
pada bagian belakang ,kanan dan atas. Tentukan volume bak mandi sekarang!
( a+b)
|
Volume
kubus adalah s x s x s
Pada
gambar tersebut volume kubus dapat dituliskan sebagai V=( a + b)( a + b)(
a+ b)
|
a
|
a
|
|
|
b
|
b
|
a
|
a
|
( a+b)
|
b
|
( a+b)
|
3.
Tentukan nilainya :
a)
( x + y)3 jika
diketahui x = 6 dan y = 2 dengan menggunakan prinsip identitas ( a + b)3 pada
segitiga pascal
b)
( p + q)3 + ( p + q)3
c)
( c + d)2
d)
( r + s)4
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Kegiatan pembelajaran yang asyik
dan menyenangkan adalah hal yang sangat
penting yang dapat dijadikan sebagai penarik minat siswa dalam mengikuti dan
memahami materi yang diajarkan, terutama pada pelajaran matematika yang pada
jenjang Sekolah Menengah Atas ( SMA ) didesain lebih sulit dibandingkan jenjang
di bawahnya. Materi pada pelajaran matematikanya lebih banyak materi abstrak
daripada materi konkrit, yang seringkali susah untuk difikirkan serta
dibayangkan secara visual dalam kehidupan nyata.
Salah satu alternatif yang bisa dilakukan oleh
guru untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan adalah
menggunakan media pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan otak serta dapat
mempermudah siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan.
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →
Related Posts:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: