Selasa, 02 Juli 2013
MAGIC BOX Media Pembelajaran Menghitung KPK dan FPB - SD
MEDIA
PEMBELAJARAN
MAGIC BOX
MATA
PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Oleh :
Kelompok : 2
Angggota :
1.
ENDAH ERAWATI (10.411.185)
2.
EKA ANIS SUSALWATI (10.411.191)
3.
ANDRY SAM P. (10.411.194)
4.
ESTHININGTYAS (10.411.203)
5.
SELFIANA KARLIN R. (10.411.209)
Prodi / Kelas : Pendidikan Matematika / VI-E
PROGRAM
PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
IKIP
PGRI MADIUN
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan
Media Pembelajaran atau Alat Peraga Matematika Untuk Sekolah Dasar untuk
memenuhi tugas mata kuliah workshop matematika.
Dalam penyusunan
makalah ini,
penulis banyak mendapat bimbingan dan putunjuk serta saran yang membangun.
Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Drs. Sardulo Gembong, M. Pd. yang telah membimbing dan memberi motivasi dalam
menyelesaikan media pembelajaran kami.
2.
Kepada teman-teman yang telah
membantu menyelesaikan media pembelajaran kami.
3.
Kepada semua pihak yang telah
membantu terselesainya media pembelajaran kami.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan
makalah dan terselesainya media pembelajaran kami inimasih jauh dari sempurna.
Oleh karena itu,
penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi
kesempurnaan makalah ini.
Dan pada akhirnya penulis berharap agar makalah ini
bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca umumnya.
Madiun, 25 Juni 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Sampul.............................................................................................
i
Kata Pengantar..............................................................................................
ii
Daftar Isi ..................................................................................................... iii
BAB I Pendahuluan ..................................................................................... 4
A.
Latar Belakang ................................................................................. 4
B.
Tujuan ............................................................................................... 4
BAB II Isi .................................................................................................... 5
A.
Skenario Pembelajaran ......................................................................5
B.
Metode Pembelajaran ...................................................................... 5
C.
Petunjuk Kerja Media ..................................................................... 5
D.
Lampiran ........................................................................................ 10
BAB III Penutup ........................................................................................ 11
A.
Kesimpulan ..................................................................................... 11
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Bilangan
mempunyai kelipatan dan faktor. Salah satu materi pelajaran Matematika
pada anak Sekolah Dasar adalah kelipatan dan faktor bilangan. Dalam materi ini termasuk menentukan Faktor Persekutuan Terkecil (KPK)
dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Agar mudah dipahami oleh peserta didik, seorang pendidik harus bisa
berpikir kreatif dan inovatif untuk menjelaskan KPK dan FPB suatu bilangan. Bagi peserta didik terkadang mencari KPK dan FPB
suatu bilangan menjadi momok
yang sulit untuk dipahami. Maka dari itu, kami akan memperkenalkan media
pembelajaran atau lebih dikenalnya sebagai alat peraga untuk lebih memudahkan
pemahaman peserta didik dalam menentukan KPK dan FPB bilangan.
Bagi peserta didik
untuk mencari KPK
dan FPB biasanya dengan menentukan faktor-faktor bilangannya secara bergantian,
jadi akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Kami
menyajikan cara
menentukan KPK dan FPB suatu bilangan ini dengan lebih cepat, yaitu dengan
menggunakan papan bilangan ini yang disebut Magic Box. Dengan media ini anak-anak akan merasa seperti bermain, sehingga anak-anak akan
lebih senang untuk memahami materi KPK dan FPB.
B.
Tujuan
Tujuan pembuatan media
pembelajaran magic box yaitu :
- Untuk mematangkan pemahaman konsep KPK dan FPB pada anak Sekolah Dasar
- Untuk mempermudah peserta didik dalam menentukan KPK dan FPB
BAB
II
ISI
A.
Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran atau langkah-langkah
pembelajaran yang akan diterapkan sebagai berikut :
- Guru menyampaikan materi secara singkat yaitu materi tentang Faktor Persekutian Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbear (FPB).
- Guru menjelaskan materi dibantu dengan menggunakan media pembelajaran magix box.
- Guru memberi contoh penggunaan media untuk mengerjakan soal.
- Siswa memperhatikan petunjuk guru dan selanjutnya meniru dan membuat tabel di atas kertas sesuai gambar.
- Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari pembelajaran.
- Guru memberikan evaluasi kepada siswa tentang apa yang telah dipelajari sebelumnya.
B.
Metode Pembelajaran
Metode
pembelajarannya menggunakan trik media magic box untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap KPK dan FPB suatu bilangan. Peserta didik mencoba sendiri media tersebut setelah guru memberikan contoh penggunaanya. Guru
memandu dan mengarahkan peserta didik dalam menggunakan media. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan santai
tetapi tetap fokus terhadap materi yang dipelajari. Jadi, siswa diharapkan
aktif, kreatif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga mereka mampu menentukan KPK dan FPB suatu bilangan dengan cepat, tepat,
dan benar.
C.
Petunjuk Kerja Media
Petunjuk Guru :
·
Guru mengambil soal yang
berhubungan dengan KPK dan FPB
·
Guru mempelajari soal tersebut
sehingga dapat menjelaskan ke siswa dengan media pembelajaran yang disediakan untuk
menghitung KPK dan FPB yaitu MAGIC BOX
·
Guru mengambil satu soal, untuk
Memperagakan Mencari Operasi KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) menggunakan
media MEGIC BOX.
Contoh soal :
Hitung nilai KPK dan FPB dari 12, 20 dan 16 !
Hitung nilai KPK dan FPB dari 12, 20 dan 16 !
- Masukkan angka 12, 20, dan 16 ke daerah awal pada magic box
- Pertama – tama bagi semua angka dengan angka (bilangan prima) yang paling kecil lalu ke besar secara berururan. Contoh 2 – 3 – 5 di daerah hasil pada magic box
- Bagi semua angka hingga nilai akhirnya 1 (satu) di daerah hitung
- Setelah daerah hasil diketahui kita dapat menghitung nilai KPKnya.
- Untuk mencari nilai KPK cara menghitungnya kali semua nilai pada daerah hasil
Yaitu KPK : 23 x 3 x 5 = 120
Sehingga ketemu nilai KPK = 120
Lihat gambar !
Memperagakan Mencari Operasi FPB
(Faktor Persekutuan Terbesar)
§ Cara pengerjaanya sama dengan mencari KPK diatas
§ Masukkan angka 12, 20, dan 16 ke daerah awal pada magic box
§ Pertama – tama bagi semua angka dengan angka (bilangan prima) yang
paling kecil lalu ke besar secara berururan. Contoh 2 – 3 – 5 di daerah hasil
pada magic box
§ Bagi semua angka hingga nilai akhirnya 1 (satu) di daerah hitung
§ Setelah daerah hasil diketahui kita dapat menghitung nilai FPBnya.
§ Selanjutnya untuk mencari FPB lihat pada daerah hasil. Angka yang
bisa membagi semua angka di daerah awal itu merupakan nilai FPB.
§ Untuk membedakan lebih jelasnya kita lingkari angka pembagi yang dapat membagi
semua angka di daerah awal. Sehingga terlihat mana FPB dan KPKnya.
§ Sehingga dari angka tersebut dapat kita peroleh nilai FPB dari 12,
20, dan 16 yaitu 22 = 4
Lihat gambar !
Petunjuk Siswa :
·
Siswa memperhatikan petunjuk dari guru yang telah diarahkan.
·
Siswa memperhatikan
petunjuk dari guru yang telah diarahkan.
·
Siswa meniru dengan membuat tabel di atas kertas sesuai gambar.
·
Siswa dapat mengikuti intruksi dari guru dengan baik.
D.
Lampiran
v Soal-soal
yang berkaitan dengan Media Pembelajaran :
v Soal menggunakan media pembelajaran :
1.
Tentukan KPK dari 8,
10 dan 12 !
2.
Tentukan FPB dari 10,
16, dan 18 !
3.
Bu Ima memetik cabai
merah setiap 8 hari dan memetik cabai rawit setiap 6 hari. Pada tanggal 28
Januari Bu Ima memetik kedua jenis cabai bersama-sama untuk pertama kali. Pada
tanggal berapa Bu Ima akan memetik cabai bersama-sama untuk kedua kalinya ?
v Soal tanpa menggunakan media pembelajaran :
1.
Tentukan KPK dan FPB
dari 12, 16, dan 24 !
2.
Upik mempunyai 14 manik-manik
merah dan 24 manik-manik biru. Upik ingin membuat hiasan dari manik-manik
tersebut sebanyak-banyaknya. Setiap hiasan harus ada kedua jenis manik yang
banyaknya sama. Berapa banyak hiasan yang akan dibuat Upik ?
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Proses pembelajaran
lebih nyaman bagi peserta didik jika dalam proses pembelajaran tersebut
menggunakan media-media atau alat peraga untuk memudahkan peserta didik dalam
memahami konsep matematika yang telah diajarkan guru. Terlebih lagi alat peraga
yang disajikan dalam bentuk benda yang mudah digunakan. Sebab, anak sekolah dasar sering merasa cepat jenuh jika materi yang
dipelajari dirasa sulit baginya. Oleh karena itu, untuk menghilangkan kejenuhan
siswa pada pemahaman materi dapt dialihkan terhadap media pembelajaran yang menyenangkan.
Lampiran
DOKUMETASI
MAGIC BOX
File bisa diunduh di link ini http://www.4shared.com/office/j1X_FUUW/Media_pembelajaran_menghitung_.html
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →
Related Posts:
SD
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
kalau boleh tahu referensi penggunaan magic box ini dari mana ya?....
BalasHapusijin untuk copy materi dan repost untuk keperluan tugas
BalasHapusmhon izin download gan....
BalasHapus