Minggu, 30 Juni 2013
KOTAK VOLIKU (Kelompok 4, Kelas 6E)
Kelompok 4
Anggota :
- Wahyu Siti Q (10.411.178)
- Siswanto (10.411.187)
- Ragil H. (10.411.211)
- Graydes S. (10.411.220)
A. Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran atau langkah-langkah
pembelajaran yang akan diterapkan sebagai berikut :
Ø Guru menyampaikan materi secara singkat yaitu materi
tentang volume kubus dan volume limas.
Ø Guru meminta 2 orang siswa maju ke depan untuk
memperagakan “kotak voliku”.
Ø Siswa pertama diminta untuk memasukkan beberapa
replika limas ke dalam kubus sampai
terisi penuh dan rapi.
Ø Siswa kedua mengeluarkan replika limas dari kubus.
Ø Kemudian siswa kedua beserta siswa lainnya menghitung
berapa banyak limas yang dimasukkan siswa pertama.
Ø Sehingga didapat kesimpulan bahwa satu kubus terdiri
dari gabungan enam replika limas.
Ø Setelah selesai melakukan permainan “kotak voliku”,
guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari permainan tersebut.
Ø Guru memberikan evaluasi kepada siswa tentang apa yang
telah dipelajari sebelumnya.
Gambar alat peraga “kotak voliku”
B. Metode Pembelajaran
Metode pembelajarannya
menggunakan trik permainan untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap konsep
volum limas. Peserta didik menjalankan dan memainkan sendiri permainan
tersebut. Guru hanya memandu dan mengarahkan jalannya permainan. Proses
pembelajaran dilaksanakan dengan santai tetapi tetap fokus terhadap materi yang
dipelajari. Jadi, siswa diharapkan aktif, kreatif dan inovatif dalam
menjalankan permainan dan memahami materi dalam bentuk permainan. Sehingga
mereka mampu mengetahui rumus volume limas.
Petunjuk
Kerja Media
v Petunjuk
Bagi Guru :
1.
Tujuan permainan ini adalah untuk memudahkan guru
menyampaikan materi tentang volume limas
2.
Memperkenalkan bangun ruang kubus dan limas dengan alat
peraga
3.
Melakukan penelitian bahwa bangun ruang kubus terbentuk
dari beberapa bangun limas segi empat
4.
Pembuktian dari
alat peraga bahwa jika suatu kubus dapat dimasuki 6 limas segiempat
5.
Menyimpulkan rumus volume limas dari kegiatan tadi
v Petunjuk kerja:
Volume bangun ruang limas
dapat dicari dengan menggunakan rumus volum kubus (dengan asumsi volume kubus
sudah diketahui). Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan replika kubus dan
limas., dengan langkah kerja sebagai berikut:
1. Disediakan sebuah kubus dan beberapa
replika limas.
2. Dikondisikan panjang sisi kubus sama
dengan panjang sisi alas limas dan dua kali tinggi limas.
3. Masukkan beberapa replika limas satu
persatu ke dalam kubus sampai terisi penuh.
4. Keluarkan kembali replika limas tersebut
dan hitung berapa banyaknya.
5. Setelah dihitung ternyata ada enam buah
replika limas yang memenuhi satu buah kubus.
6. Secara matematis rumus volume limas
didapat sebagai berikut:
Volume
kubus =
6 x Volume Limas
s x s
x s = 6 x Volume Limas
s x s x (
2 x t ) = 6 x Volume Limas
1/6 x 2 x (s x s) x t = Volume Limas
1/3 x ( s x s ) x t = Volume Limas
1/3 x Luas Alas x t = Volume
Limas
Jadi Volume Limas = 1/3 x Luas alas x Tinggi
Gambar yang sudah jadi adalah :
C. Lampiran
C. Lampiran
v Soal-soal
yang berkaitan dengan Media Pembelajaran :
Pertanyaan :
1. Pada
kubus yang rusuknya 4 cm, dibuat 6 limas dari perpotongaan diagonal ruang yang
alasnya berimpit dengan bidang sisi kubus.
a
Hitunglah volume kubus
b.
Hitunglah volume limas
Jawab:
=
.... x .... x ....
=
.......
Jadi
volume kubus adalah ..........
b.
Volume limas = 1/3 x .... x .... x 1/2 ....
= 1/3 x .... x .... x 1/2 ....
= 1/3 x .... x .... x ....
= 1/3 x ....
= .......
Jadi volume limas adalah ...........
2.
Piramid merupakan tempat menyimpan jasad raja – raja Mesir yang diawetkan. Bentuk
piramid menyerupai limas. Apabila luas alas piramid 1600 (kuadrat) dan tinggi Piramid 70 m, hitunglah Volume
Piramid !
Jawab:
Volume Piramid = 1/3 x luas alas x tinggi
= .../... x .... x ....
= .../...
= .........
Jadi volume
Piramid tersebut adalah ..........
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →
Related Posts:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: